Breaking News

Thursday, 6 November 2014

Antara Brand dan Kreativitas

brand bukan sekedar logo ataupun nama perusahaan
Pengertian brand bukan sekedar logo ataupun nama perusahaan, melainkan persepsi seseorang  tentang produk atau perusahaan kamu. Di bawah ini pengertian brand menurut para ahli:
Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain. Bilson Simamora (2001;149)
Merek adalah suatu nama, istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, yang mengidentifikasi produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing. Lamb, Hair, dan McDaniel (2001;421)
Merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu. Kotler, Armstrong (2003;349)
Dari beberapa pengertian diatas, dapat ditarik kesimpulan mengenai definisi dari Brand (Merek) itu sendiri. Maka, Brand (merek) adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain, kata atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara produk dan jasa yang satu dengan yang lain.
Jangan anggap enteng brand, karena brand merupakan asset penting bagi perusahaan.

Apa itu Branding:
Branding merupakan  kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand. Dalam menciptakan brand dibutuhkan ide-ide baru maka dari itu jangan bosan mencari ide-ide baru, bagi saya dibutuhkan proses dalam mencari ide. Banyak sekali yang bisa dilakukan mencari ide misalnya jalan-jalan, membaca buku, ngobrol-ngobrol dengan orang lain, dan lain-lain, ketika ada ide baru lalu kamu tulis entah di smartphone, di kertas, di komputer/laptop, dan dimanapun. Dan pilihlah nama brand yang cocok menurut kamu. Novelis saja membuat brand, desainer grafis saja membuat brand. Masa kamu tidak membuat brand?  Semua orang pasti bisa membuat brand, jadilah diri sendiri dan berani unik.

Menurut McDonald and Christopher (2003) brand yang sukses harus mampu memenuhi beberapa kriteria di bawah ini:
  • Sebuah brand yang sukses memiliki nama, symbol atau desain (atau kombinasi dari ketiganya) yang mampu mengidentifikasikan produk perusahaan sebagai sesuatu yang memiliki keunggulan kompetitif. Misal produk tertentu yang memiliki nilai tambah layanan dan ia lebih mudah didapatkan (dibeli) atau digunakan disbanding produk lainnya.
  • Sebuah brand yang sukses selalu menghasilkan keuntungan dan kinerja pasar yang luar biasa.
  • Brand hanya akan menjadi asset jika ia memiliki keunggulan kompetitif yang terjaga
  • Layaknya asset yang lain, brand juga akan mengalami depresiasi jika tidak dilakukan investasi lebih lanjut.

Dalam membangun brand tidak semuanya memerlukan uang, namun dibutuhkan ide dan tulisan sebagai pijatan di masa depan.
Namun untuk melatih kepekaan kita maka dari itu gunakan metode Amati, Tiru, Modifikasi. Bagi saya amati dengan cara melihat inspirasi internet, buku, atau jalan-jalan melihat di sekitar kita. Tirulah apa yang kita lihat, dan jangan lupa Modifikasi agar ada variasi versi kamu.
Ketika ide atau brand kamu serius untuk dikembangkan (bisnis) mungkin dibutuhkan uang untuk modal usaha. Namun kamu harus menganalisa seberapa besar uang untuk modal usaha. Selain itu kamu juga bisa dalam wujud pengetahuan terhadap usaha tersebut, pengalaman, keberanian, serta networking. Di bawah ini beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mendapatkan modal usaha:
  • Dana sendiri
Kamu mendapatkan modal usaha untuk kesuksesan bisnis yakni dana sendiri. Kamu tentunya ada dana simpanan yang selama ini tabung, jika belum cukup dan untuk menutupi kekurangan maka menjual asset atau barang berharga yang kamu miliki. Berani bertindak dan bertanggung jawab untuk mensukseskan bisnis. Dan banyak hal lainnya untuk mendapatkan dana sendiri namum dengan cara positif.
  • Mencari Dana Hibah Perusahaan
Untuk mendapatkan modal usaha cara lainnya dengan mencari dana hibah perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun swasta. Perusahaan maupun masyarakat umumnya dengan menyalurkan dana modal usaha melalui Divisi CSR (Corporate Social Responsibility). Untuk teknis penyaluran dana biasanya dalam bentuk event competition. Dan jika kamu menang atau lolos seleksi dari event competition maka akan mendapatkan dana bagi kelangsungan usaha Anda, untuk mencari event competition dapat dilihat di internet dan terserah kamu mengikuti event competition baik dalam negeri maupun luar negeri.
  • Menjalin Kerjasama
Jika kamu mempunyai teman maupun rekan yang mempunyai visi yang sama dalam membangun brand atau bisnis, maka dari itu kamu menjalin kerjasama dengannya. Misalnya teman atau rekan kamu mengeluarkan modal dan kamunya mengoperasikan bisnis secara baik, namun sebaliknya. Tergantung kesepakatan bersama, secara otomatis terdapat pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Kesepakatan itu perlu dibuat perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu di kemudian hari.
  • Mencari Investor
Sama halnya menjalin kerjasama, cuman membedakan adalah investor hanya memberi modal berupa uang dan tidak ikut campur dalam operasionalnya, namun terdapat pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Kesepakatan itu perlu dibuat perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu di kemudian hari.
  • Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Ke Bank Atau Koperasi
Dan cara terakhir yaitu mengajukan pinjaman modal usaha ke bank atau koperasi,namun kamu harus mengikuti prosedur seperti pihak bank atau koperasi ingin mengetahui profil usaha yang akan Anda buat berupa proposal atau bahkan beberapa meminta Anda untuk menyampaikan Feasibility Study yang bertujuan untuk menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis dilihat dari Hanya saja, sebagaimana namanya pinjaman Anda harus mengembalikan biaya tersebut dalam jangka waktu tertentu ditambah bunga pinjaman yang besarannya bekisar antara 8-10% per tahun. Namun demikian, kami menyarankan agar ini menjadi pilihan terakhir karena  kewajiban pembayaran bunga dan cicilan dapat menjadi kendala untuk bisnis yang baru mulai berjalan.

Silahkan kamu mencoba karena selalu ada jalan jika kamu berani mencoba segala peluang yang ada.
Saat ini perkembangan teknologi, orang memiliki kreativitas, media, dan lain-lain cukup canggih. Karena dengan adanya kreativitas dan inovasi menghasilkan sesuatu yang baru atau menggabungkan antara benda satu dan benda lainnya menghasilkan sesuatu yang unik. Kreatif tak perlu baru dan tak selalu baru, ada hal yang menarik mengenai sesuatu yang kreatif bisa saja dilakukan dengan cara menggabungkan dua hal menjadi satu dan bisa jadi menghasilkan hal-hal unik.

contoh lampu karya Philippe Starck

Salah satu contoh lampu karya Philippe Starck yang menggabungkan antara lampu dengan gagang bedil berwarna emas. Nah kalau kamu bagaimana ide atau sesuatu yang menggabungkan dua hal menjadi satu?
Sekarang saatnya kita unjuk gigi menghasilkan hal-hal kreatif, dengan adanyanya internet memudahkan kita untuk tunjukkan kreativitas secara online. Banyak sekali pengetahuan di internet untuk memperluas wawasan kita, memancing kreativitas dan saatnya berani mencoba hal-hal baru dan kreativitasmu diasah dan asah terus.
Kebiasaaan yang memancing ide kreativitasmu:
  • Tanyakan selalu apa yang perlu diperbaiki/dikembangkan.
  • Informasi apa yang perlu kamu cari berkaitan dengan itu?
  • Simpulkan masalah yang ingin kamu tangani secara simpel.
  • Bermainlah dengan ide-ide kreatif dalam mencari solusi.
  • Ide mana yang perlu dipotong, mana yang jadi fokus.
  • Rancang langkah-langkah praktis atas ide kamu.
  • Bagikan ide tersebut, supaya kamu memperoleh feedback.

Lakukan ide tersebut.
Saya percaya setiap orang memiliki kreatifvitas hanya saja perlu dipraktikkan, dan saatnya kita pratikkan bersama. Sekarang juga!
Maka dari itu mulai membuat brand dan menggabungkan kreativitasmu dan saya yakin kamu akan sukses menjalankan bisnisnya. Dengan dibutuhkan berdoa, promosi, semangat, membuat rancangan secara baik, dan melakukan akan membuahkan hasil secara baik, selamat mencoba!

Tulisan ini sedang mengikuti periode uji coba menjadi calon kontributor Indonesia Kreatif selama 2 minggu (periode 1 Nov - 15 November 2014)

Sumber:
Buku:
  • Kreativitas itu “dipraktekin” – karangan Tim Wesfix
  • DO – karangan Handoko Hendroyono
  • Majalah Brandna volume 3 nomer 6 | mei – agustus 2014

Tautan Luar:

Foto:




No comments:

Post a Comment

Designed By